Arti Pendidikan Fisika

Arti Pendidikan Fisika

Definisi pendidikan

bashooprivate.blogspot.com. Pendidikan merupakan proses belajar yang lebih condong kepada aspek perilaku atau sikap individu baik kepada alam, kepada sesama dan kepada sang pencipta. 

Baca juga : Definisi Pembelajaran dan Pendidikan





Belajar Fisika Yuk-Fisika yang disebut angker ternyata mudah dan fenomenanya banyak kita temukan di sekitar kita

bashooprivate.blogspot.com.Fisika secara etimologi (bahasa) berasal dari bahasa Yunani φυσικός (fysikós) yang berarti "alamiah", dan φύσις (fýsis) yang berarti "alam". Fisika adalah sains atau ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang benda-benda anorganik fisik (Encyclopedy of Britanica). Dalam bahasa yang lain Fisika dapat diartikan sebagai suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang gejala alam yang tidak hidup atau materi dalam dimensi ruang dan waktu. Bahkan dalam fisika ruang dan waktu yang merupakan dimensi menjadi bahasan dalam ilmu ini. 

Definisi Fisika

Para ahli fisika atau yang sering disebut sebagai fisikawan mempelajari perilaku dan sifat dari benda yang mana dalam fisika lebih dikenal dengan sebutan materi (anorganik/benda tak hidup) dalam bidang yang sangat beragam dan luas. Fisika mempelajari materi dari tingkat mikroskopis yang menyusun segala sesuatu (fisika partikel) sampai tingkat makroskopis bahkan sampai alam semesta sebagai kesatuan kosmos (astro fisika).

Fisika mempelajari beberapa sifat yang sebenarnya telah ada dalam suatu benda seperti energi, massa, jumlah zat, dan lain-lain. Karena cakupannya yang luas, penelitian dalam fisika menjadi pelajaran dalam bidang kajian ilmu yang lain. Sebagai contoh dalam kajian fisika terkait materi dan kuantum, dalam ilmu kimia menjadi bahasan dengan tema unsur dan bilangan kuantum. Fisika yang terkait dengan bidang kesehatan dan alat-alat kedokteran dikenal dengan fisika medik. Fisika yang terkait dengan alat-alat bangunan dan pertukangan serta permesinan dikenal dengan teknik fisika. Bahkan dalam bidang olahraga pun fisika juga memiliki kaitan yang dikenal dengan sport physic. 

Keterkaitan ilmu fisika dengan bidang ilmu pengetahuan yang lain dapat terjadi secara langsung maupun tidak langsung. Contoh secara langsung adalah seperti contoh yang terdapat dalam keterangan yang sudah ada di atas. Contoh kaitan yang tidak langsung adalah seperti berikut: dalam ilmu kimia dipelajari reaksi antar unsur untuk membentuk suatu senyawa dengan ikatan kimia dalam konteks yang lebih dalam reaksi antar zat satu dengan zat lain dipelajari dalam bidang kajian electromagnet, gaya, afinitas electron, entalphi, dan lain-lain. Dalam fisika juga sering digunakannya kajian matematis dan ini sering dikenal sebagai salah satu bahasa dari fisika yaitu persamaan matematika. Matematika menajdi jembatan untuk menjelaskan baik fenomena mikrotentang gerak electron dan posisinya dalam mengelilingi inti atom maupun makro yakni gerak planet dan benda-benda alam semesta. Keluasan pembahasan atau kajian ilmu fisika membuat ilmu fisika menjadi dasar bagi perkembangan ilmu pengetahuan yang lainnya.

Fisika sangat erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari yang di alami oleh seseorang. Dari aktivitas bangun tidur sampai seseorang terlelap tidur kembali dapat dikaji secara fisika. Banyak hal yang dapat dicontohkan, ambillah contoh kehidupan seorang ibu rumah tangga. Di pagi hari tentunya seorang ibu rumah tangga yang baik akan memasak untuk keluaranya. Dapur merupakan medan pertempuran seorang ibu atau istri dan banyak teknologi yang menggunakan prinsip fisika yang mudah kita dapatkan di dapur. Pisau adalah sebuah hasil teknologi fisika yang menerapkan prinsip tekanan dan material. Panci juga termasuk produk fisika yang menerapkan prinsip material. Refrigrator menerapkan prinsip thermodinamika, listrik, magnet, material. Dispenser juga menerapkan prinsip themodinamika bahkan teknologi sekarang ada yang menggunakan prinsip thermolistrik dan juga ada yang menggunakan prinsip geophysic sebagai penyaring alami dalam air minum.

Arti Pendidikan Fisika

bashooprivate.blogspot.com.Pendidikan fisika memiliki makna dari gabungan dua kata tersebut. Oleh karena itu, pendidikan fisika dapat diartikan sebagai suatu bentuk pembelajaran untuk memahami alam anorganik Physic dan menggunakan ilmu yang telah dipelajari dalam kaitannya dengan perilaku individu. Fisika mengajarkan kepada seorang individu untuk mendapatkan beberapa keterampilan fisika seperti keterampilan sikap ilmiah dan keterampilan berpikir. Secara tidak langsung fisika mengajarkan kepada seseorang untuk dapat bertahan di alam dengan segala fenomenanya bahkan dapat hidup dengan lebih baik dengan teknologi-teknologi yang dikembangkan. Pendidikan mengajarkan kepada seseorang bagaimana dia bersikap kepada alam baik hewan dan tumbuhan, sesama manusia, dan kepada sang pencipta. Pendidikan fisika dapat dikatakan mengajarkan keduanya yaitu bagaimana seorang individu dapat survive hidup di alam dan berperilaku dengan bijak.

Makna Pendidikan Fisika

bashooprivate.blogspot.com.Kita dapat memaknai pendidikan fisika dari uraian di atas bahwa, pendidikan fisika adalah sebuah pengajaran ilmu fisika yang mengajarkan manusia untuk survive untuk hidup di alam dan mendapatkan kehidupan yang lebih baik serta mengajarkan manusia untuk belajar dari alam sebagai hikmah untuk bersikap kepada alam itu sendiri baik hewan, tumbuhan dan lingkungan, sesama manusia dan kepada sang pencipta. Oleh karena itu, secara ideologis pendidikan fisika mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan. Seperti yang kita ketahui, peranan fisika dalam bidang teknologi sangat besar. Dalam bidang komunikasi, gelombang elektromagnetik yang memungkinkan untuk terciptanya telegram, telepon, handphone dan sekarang handphone dengan kemampuan mirip dengan computer. Pendidikan fisika haruslah menjadi suatu bagian yang mengajarkan seseorang untuk dapat menggunakan teknologi tersebut untuk keperluan yang bermanfaat.

Kedudukan Pendidikan Fisika dengan Ilmu Fisika

bashooprivate.blogspot.com.Pendidikan fisika dapat dikatakan merupakan bagian dari ilmu fisika. Dalam ilmu fisika terdapat banyak kajian diantaranya adalah fisika kuantum, thermodinamika, zat alir (fluida), dinamika dan kinetika (mekanika), elektronika, material, pendidikan, kedokteran dan lain sebagainya. Pendidikan fisika hanya mengajarkan prinsip, teori, hukum, postulat, model-model fisika dan kaitannya dengan teknologi yang terdapat di dalamnya untuk dapat diaplikasikan dengan baik dan benar. 

Uraian-uraian di atas semoga dapat membuka cakrawala kita (siswa/pendidik/praktisi) yang berkecimpung dalam dunia pendidikan sehingga dapat memberikan hal yang terbaik dalam pembelajaran. Mendidik seseorang menjadi ilmuwan itu hal yang baik, tapi menjadikan sesorang menjadi ilmuwan yang berakhlak itu hal yang lebih baik lagi. 

0 Response to "Arti Pendidikan Fisika"

Post a Comment

Popular Posts