Kompetensi Pendidikan Abad 21

Kompetensi Pendidikan Abad 21


Belajar Fisika Yuk - Abad ke 21 atau lebih dikenal dengan abad millennium memberikan kesempatan kepada teknologi untuk berkembang dengan cepat. Sekarang ini, dengan mudah kita dapat menjalin komunikasi dengan saudara, orang tua, teman walaupun dipisahkan oleh jarak yang ber kilo-kilo meter jauhnya. Secara ekstrem dapat dikatakan orang yang kita ajak komunikasi berada di belahan bumi yang lain. Dengan bermodalkan sebuah handphone dan jaringan telepon atau pun internet kita dapat melakukan hal tersebut. Kita pun juga dapat bertukar pikiran dan berkas dalam bentuk soft file melalui media internet. Hand phone tersebut dikenal juga dengan smart phone. Dengan berbagai karakteristik yang ada pada abad 21, seorang individu juga harus mampu untuk dapat bertahan hidup dan menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman. 


Belajar Fisika Yuk - Fisika yang disebut angker ternyata mudah dan fenomenanya banyak kita temukan di sekitar kita
Forum P21 yang merupakan kepanjangan dari Partnership 21 adalah forum dibentuk untuk merumuskan tentang sistem pembelajaran pada abad 21. Rumusan pembelajaran abad 21 ini tidak lain adalah hasil pemikiran dari anggota forum yang erat kaitannya dengan kompetensi-kompetensi abad 21. Kompetensi abad 21 adalah komptensi atau kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang individu untuk dapat menjalani kehidupannya dengan baik di abad 21 ini. Kompetensi tersebut meliputi :
  1. Keterampilan belajar dan berinovasi
  2. Keterampilan informasi, media dan teknologi
  3. Keterampilan hidup dan bekerja
Berikut adalah penjelasan mengenai kompetensi-kompetensi tersebut:

1) Keterampilan Belajar dan Berinovasi

Tingkat kehidupan yang semakin kompleks dan lingkungan pada abad 21 membutuhkan individu yang kreatif dan mampu untuk belajar dari kondisi lingkungan yang di alami. Oleh karena itu, keterampilan untuk belajar dan berinovasi adalah salah satu keterampilan yang harus dimiliki oleh individu yang hidup pada abad 21 ini. Semakin tinggi tingkat kompleksitas kehidupan menuntut individu untuk memiliki kemampuan belajar dan inovasi yang semakin baik. Keterampilan lain dan juga esensi yang digunakan untuk penyiapan peserta didik di masa depan adalah kreativitas, berpikir kritis, berkomunikasi dan berkolaborasi dengan siswa yang lain.Tiga keterampilan tersebut dalam rumusan p21 dimasukkan ke dalam bagian dari keterampilan belajar dan berinovasi.

a) Kreatif dan berinovasi

1. Berpikir kreatif 
  • menggunakan teknik kreasi yang beragam untuk menciptakan atau memunculkan ide/gagasan. (seperti brainstorming atau ide yang bermakna) 
  • menciptakan gagasan baru dan berfaedah/berguna (mengandung konsep penambahan dan radikal) 
  • mengelaborasikan, menyaring, menganalisis dan mengevaluasi ide sendiri dalam rangka untuk meningkatkan daya kreativitas
2. Bekerja secara kreatif dengan orang lain
  • mengembangkan, menerapkan dan mengkomunikasikan ide baru kepada orang lain secara efektif
  • menjadi terbuka dan tanggap pada sudut pandang baru dan beragam; menggabungkan ide kelompok dan umpan balik pada pekerjaan/tugas yang diberikan 
  • mendemonstrasikan daya cipta dan keaslian dalam bekerja serta memahami dunia nyata sebagai kerangka dalam menerapkan ide baru
  • memandang kesalahan sebagai sebuah kesempatan untuk belajar, memahami bahwa kreativitas dan inovasi adalah tahapan yang panjang, proses siklis dari kesuksesan dan kesalahan yang berulang.
3. Menerapkan inovasi 

  • berlaku pada ide kreatif untuk membuat fakta yang nyata dan berkontribusi secara baik dalam bidang yang mungkin untuk dilakukan inovasi 

b) Berpikir dan Menyelesaikan Masalah (Problem Solving) 

1. Memberikan alasan secara efektif 
  • menggunakan berbagai tipe dari reasoning (inductive, deductive, dll) yang sesuai dengan situasi yang ada
2. Menggunakan sistem berpikir
  • menganalisis bagaiamana tiap bagian berpengaruh terhadap bagian yang lain untuk menghasilkan tujuan secara umum (hasil secara keseluruhan) dalam sistem yang kompleks 
3. Membuat Judge dan keputusan 
  • secara efektif menganalisis dan mengevaluasi fakta, argument/pendapat, pengakuan dan keyakinan 
  • menganalisis dan mengevaluasi sudut pandang utama
  • mensintesis dan membuat hubungan antara informasi dan pendapat 
  • menginterpretasikan informasi dan menggambarkan kesimpulan berdasarkan analisis terbaik 
  • mencerminkan secara kritis pada proses dan pengalaman belajar 
4. Menyelesaikan masalah
  • menyelesaikan bermacam masalah dengan menggunakan cara konvensional dan cara inovatif 
  • mengidentifikasi dan menanyakan pertanyaan untuk memberikan klarifikasi berbagai sudut pandang dan membimbing pada penyelesaian yang lebih baik 

c) Komunikasi dan Kolaborasi

1. Berkomunikasi dengan Jelas 
  • menutarakan pemikiran dan ide dengan jelas dan secara efektif
  • menggunakan lisan, tulisan dan cara komunikasi nonverbal dalam berbagai bentuk dan kontek 
  • mendengarkan secara efektif untuk menguraikan arti termasuk pengetahuan, nilai, perilaku dan maksud atau tujuan 
  • menggunakan komunikasi dalam jangkauan tujuan yang luas (seperti informasi, instruksi, memotivasi dan persuasi) 
  • memanfaatkan berbagai media dan teknologi, juga mengetahui bagaimana efektifitasnya dalam tingkat prioritasnya dengan dampaknya 
  • berkomunikasi secara efektif dalam bermacam-macam lingkungan (termasuk multi bahasa) 
2. Berkolaborasi dengan Orang Lain 
  • kemampuan untuk dapat memeragakan untuk bekerja secara efektif dan penuh rasa hormat dengan berbagai tim 
  • latihan fleksibilitas dan keinginan untuk dapat berguna dalam berkompromi untuk meraih tujuan utama 
  • mengasumsikan pembagian tanggung jawab untuk bekerja secara kolaboratif dan menilai kontribusi dari tiap individu dibuat oleh tiap anggota tim 
2) Keterampilan Informasi, Media dan Teknologi

Belajar Fisika Yuk-Pada abad 21, orang-orang tinggla dalam lingkungan yang diliputi oleh media dan teknologi, hal ini ditandai dengan berbagai karakteristik termasuk: 1) mengakses informasi yang berlimpah, 2) perubahan yang sangatcepat pada peralatan teknologi, dan 3) kemampuan untuk berkolaborasi dan membuat seorang individu untuk berkontribusi pada tingkatan yang tak terduga. Agar terjadi efektifitas pada abad 21 maka warga negara dan pekerja harus dapat menunjukkan cakupan fungsi dan kemampuan berpikir kritis yang berhubungan dengan informasi, media dan teknologi.

a) Literasi Informasi 

1. Mengakses dan Mengevaluasi Informasi 

  • mengakses informasi secara efisien (waktu) dan secara efektif (sumber) 
  • mengevaluasi informasi secara kritis dengan segenap kemampuan
  • menggunakan dan Mengelola Informasi
  • menggunakan informasi secara akurat dan kreatif untuk hal atau masalah yang sedang dikerjakan 
  • mengelola aliran informasi dari sumber informasi yang luas
  • menerapkan pemahaman yang mendasar terkait etika penggunaan dan pengaksesan informasi 
b) Literasi Media

1. Menganalisis Media 
  • memahami bagaimana dan mengapa bagaimana pesan media terkonstruksi dan untuk apa
  • memeriksa bagaimana seorang individu menginterpretasikan pesan dengan berbeda, bagaimana nilai dan sudut pandang barpengaruh atau tidak, dan bagaimana media dapat mempengaruhi keyakinan dan perilaku, 
  • menerapkan pemahaman mendasar terntang etika/ persoalan legal yang melingkupi pengaksesan media
2. Membuat Produk Berupa Media 
  • memahami dan memanfaatkan sebagian besar peralatan, karakteristik dan kaidah pembuatan media 
  • memahami dan menggunakan secara efektif sebagian besar ekspresi yang sesuai dan keberagaman interpretasi dari lingkungan kebudayaan yang beragam
c) Literasi ICT (Information, Communications and Technology)

1. Menerapkan Teknologi secara Efektif 
  • menggunakan teknologi sebagai alat untuk meneliti, mengelola, mengevaluasi dan bertukar informasi 
  • menggunakan teknologi digital (komputer, PDAs, media players, GPS, dll.), peralatan komunikasi/networking termasuk jaringan sosial yang sesuai untuk diakses, dikelola, diintegrasikan, dievaluasi dan untuk membuat informasi yang dapat berfungsi dengan baik dalam pengetahuan ekonomi 
  • menerapkan pemahaman mendasar dari etika/hal legal yang berkaitan dalam mengakses dan menggunakan teknologi informasi 
3) Keterampilan Hidup dan Bekerja

Kehidupan dan lingkungan sekarang ini membutuhkan keterampilan berpikir dan konten pengetahuan yang semakin baik atau meningkat. Kemampuan untuk menavigasi kehidupan yang kompleks dan lingkungan kerja dalam zaman informasi kompetisi secara global dibutuhkan oleh sisn yang lebih dalam membangun hidup dan keterampilan karir yang memadai.

a) Fleksibilitas dan Kemampuan Beradaptasi 

1. Beradaptasi untuk berubah 
  • beradaptasi pada aturan yang bervariasi, bertanggung jawab terhadap pekerjaan, jadwal dan konteks  
  • bekerja secara efektif dalam ambuguitas iklim dan perubahan prioritas 
2. Menjadi Fleksibel 
  • menyatukan umpan balik secara efektif 
  • berlaku positif dengan memuji, meninjau ulang dan memberikan kritik positif 
  • memahami, bernegosiasi, dan menyeimbangkan pandangan/pendapat dan keyakinan yang berbeda untuk mencapai solusi bersama, terutama dalam lingkup lingkungan budaya yang beragam 
b) Inisiasi dan Tujuan Pribadi

1. Mengatur tujuan dan waktu
  • menentukan tujuan dengan parameter keberhasilan yang nyata dan tidak nyata
  • menyeimbangkan langkah taktis (jangka pendek) dan strategi (jangka panjang) untuk tujuan 
  • memanfaatkan waktu dan mengelola beban kerja seefisien mungkin
2. Bekerja secara independen
  • memonitor, menetapkan, memprioritaskan dan menyelesaikan tugas tanpa kekeliruan 
3. Menjadi pembelajar mandiri 
  • mengeksplorasi dan mengekspansi kurikulum yang ada dan kemampuan dasar pribadi dengan belajar dan meraih kesempatan untuk mencapai suatu keahlian 
  • menunjukkan inisiasi guna menaikkan tingkat keterampilan menuju tingkat keterampilan professional 
  • menunjukkan komitmen untuk belajar sepanjang hayat 
  • melakukan evaluasi secara kritis dalam pengalaman yang telah berlangsung sebagai gambaran untuk dampak ke depan.
c) Keterampilan Sosial dan Persilangan Budaya

1. Berinteraksi secara efektif dengan orang lain
  • mengetahui kapan waktunya untuk mendengar dan kapan waktu untuk berbicara 
  • memberlakukan diri sendiri secara terhormat, cara professional

2. Bekerja secara efektif dengan berbagai tim 
  • menghormati budaya yang berbeda dan bekerja secara efektif dengan orang-orang yang memiliki latar belakang sosial dan budaya yang berbeda 
  • memberikan tanggapan pada berbagai ide dan nilai 
  • mengurangi perbedaan sosial dan budaya untuk membuat ide baru dan meningkatkan inovasi dan kualitas kerja 
d) Produktivitas dan Akuntabel

1. Mengelola Proyek 
  • mengeset dan mengelola untuk mencapai tujuan, bahkan jika dihadapkan pada masalah dan tekanan dalam berkompetisi even 
  • memberikan prioritas, merencanakan dan mengelola pekerjaan untuk mendapatkan hasil yang baik
2. Memproduksi Hasil
  • memperagakan atribut tambahan yang berhubungan dengan memproduksi produk dengan kualitas tingkat tinggi termasuk kemampuan untuk: 
- bekerja secara positif dan etis 

- mengelola waktu dan proyek secara efektif

- melakukan banyak hal

- berpartisipasi secara aktif sereliabel mungkin dan setepat mungkin

- berlaku professional dan sessuai dengan etiket

- berkolaborasi dan bekerja sama secara efektif dengan tim

- menghargai dan mengapresiasi keberagaman tim

- perhitungan dalam mecapai hasil/tujuan


e) Kepemimpinan dan Tanggung jawab

1. Membimbing dan Memimpin Anggotanya 
  • menggunakan kemampuan interpersonal dan problem solving untuk mempengaruhi dan membimbing anggota untuk mencapai tujuan
  • mengatur kekuatan dari tiap anggota untuk menyelesaikan tujuan utama
  • menginspirasi anggota untuk bersikap individul guna mencapai kemampuan terbaiknya dengan memberikan contoh
  • memperagakan integritas dan perilaku etis dalam menggunakan pengaruh dan kekuatan
2. Menjadi pribadi yang bertanggung jawab 
  • berperilaku tanggung jawab dengan minat dari komunitas dalam pikiran.

Nah, itulah kompetensi yang sudah berhasil dirumuskan oleh tim p21. Semoga mendapatkan wacana dan gambaran terkait pendidikan. Kompetensi-kompetensi tersebut juga dapat digunakan sebagai acuan dalam melaksanakan tugas sebagai guru yang diharuskan mengembangkan potensi para peserta didik sehingga dapat survive dalam menghadapi kehidupan yang semakin maju.

5 Responses to "Kompetensi Pendidikan Abad 21"

  1. Boleh minta sumbernya kak?
    rencananya saya mau mengkaji keterampilan berpikir sih, tapi penginnya yang contextual dan up to date

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba kamu search saja dengan kata kunci p21, saya ngambil dari p21 (partnership 21) kok

      Delete
  2. terima kasih pak, sudah berkunjung :)

    ReplyDelete

Popular Posts