IPhO 2014: Olimpiade Fisika Kazakhstan

International Physics Olympiad

Olimpiade Fisika Kazakhstan

bashooprivate.blogspot.com. Pada tahun 2014 tepatnya tanggal 13 sampai 21 Juli 2014 Kazakhstan atau oleh kita (Indonesia) lebih dikenal dengan Kazakistan menjadi Tuan rumah IPhO yang ke 45 tepatnya di kota Astana. Peserta yang berasal dari 86 negara yang termasuk Indonesia di dalamnya bertanding untuk mendapatkan medali yang sudah disiapkan panitia. Seperti biasa, dalam medali yang disediakan adalah medali emas, perak, perunggu dan penghargaan umum (honorable mention). Dalam ajang IPhO tahun ini peserta juga memperebutkan kategori yang lain selain yang telah disebutkan yaitu kategori Juara Umum , Teori Terbaik, Eksperimen Terbaik, Solusi Penyelesaian Original Terbaik, Peserta Wanita Terbaik, Peserta Terbaik dari Negara Tuan Rumah, dan Siswa Terbaik dari Partisipan Pertama. 








Belajar fisika itu asik dan Menyenangkan


Pada tahun ini juara umum tidak di dapatkan oleh Hungaria melainkan oleh China. Peserta yang mendapatkan juara dalam kategori-kategori tersebut adalah sebagai berikut: (1) Juara Umum diberikan kepada Xiaoyu Xu dari Republic dari China, (2) Teori Terbaik diberikan kepada Cyuan-Han Chang yang berasal dari Taiwan, (3) Eksperimen Terbaik yang didapatkan oleh Fan Francis Wang yang berasal dari Singapura, (4) Solusi Penyelesaian Original Terbaik diberikan kepada Arsenii Pikalov yang berasal dari Federasi Rusia, (5) Peserta Wanita Terbaik diberikan kepada Do Thi Bich Hue yang berasalal dari Vietnam, (6) Peserta Terbaik dari Negara Tuan Rumah diberikan kepada Amir Bralin dari Kazakhstan dan (7) Siswa Terbaik dari Partisipan Pertama diberikan kepada Ismail Dawoodjee dari Myanmar.

Prestasi Indonesia

Indonesia mendapatkan 1 emas, 2 perunggu dan 2 penghargaan umum pada Olimpiade ke 45 ini. Mereka adalah Josephine Monica (medali emas), Drestanto Muhammad Dyasputro (medali perunggu), Dheo Arokhim Yusufi Cahyo (medali perunggu), Muhammad Rizki Hasan (penghargaan umum) dan Fransiskus Yoga Esa Wibowo (penghargaan umum). Sebagai bahan perbandingan, pada tahun ini Indonesia mendapatkan prestasi yang lebih baik daripada tahun sebelumnya. Pada tahun 2013 (IPhO yang ke 44) Indonesia mendapatkan empat penghargaan umum. Satu tahun sebelumnya yaitu pada tahun 2012 (IPhO yang ke 43), Indonesia mendapatkan 1 medali emas, 1 medali perunggu dan 3 penghargaan umum (honorable mention). 

Kebijakan IPhO 2014

Panitia olimpiade mewajibkan peserta untuk membayarkan uang sejumlah USD 2,500. Bagi observer dan visitor wajib membayar kontribusi sesuai dengan ketetapan panitia dan jumlahnya tidaklah sama seperti peserta. Observer dikenakan biaya kontribusi sejumlah USD 1,400 dan USD 1,200 bagi visitor. Perbedaan biaya ini tentunya didasarkan pada agenda-agenda yang diikuti oleh peserta, observer, dan visitor yang berbeda satu sama lain. Peserta Olimpiade wajib dan berhak untuk mengikuti kegiatan tes dan beberapa hiburan yang disediakan oleh panitia lomba. Observer diperbolehkan untuk mengikuti kegiatan rapat atau pertemuan-pertemuan yang bersifat internasional. Akan tetapi, mereka tidak mendapatkan hak suara dalam pertemuan-pertemuan tersebut. Visitor tidak diperbolehkan untuk menghadiri rapat yang diadakan oleh panitia, mereka hanya diperbolehkan untuk menyaksikan kegiatan-kegiatan yang bersifat hiburan dan dipersilahkan mengunjungi obyek-obyek wisata yang ada di sekitar Astana, Kazakistan.

bashooprivate.blogspot.com. Menurut kesepakatan internasional pada IPhO yang ke 44 di Copenhagen, Denmark, Peserta IPhO diperbolehkan untuk menggunakan alat bantu hitung berupa kalkulator. Pada IPhO tahun 2014 ini, panitia telah menyediakan kalkulator yang sudah disetujui oleh kepengurusan IPhO yaitu Hewlett Packard 10S+. Panitia memberikan informasi bahwa kalkulator tersebut sudah termasuk dalam seperangkat peralatan lomba yang diberikan oleh panita dan diletakkan dalam tas peserta. Panitia juga menekankan bahwa kalkulator tersebut hanya digunakan untuk olimpiade kali ini saja. Kalkulator jenis ini dilengkapi dengan layar yang memunculkan angka dua baris. Kalkulator HP 10S+ dapat menyimpan perhitungan dengan kapasitas memori 128 bytes dan dalam satu kali perhitungan mencapai 74 langkah hitungan. Hasil perhitungan akan tersimpan secara otomatis dan dapat muncul kembali ketika kita menekan tombol next. Memori tidak akan hilang ketika kita menekan tombol AC, tetapi akan hilang secara otomatis ketika kita menekan tombol ON. Kalkulator akan mati dengan sendirinya ketika tidak digunakan dalam jangka waktu 5 menit. Hal ini berarti Kalkulator Hewlett Packard 10S+ sudah sesuai dengan syarat yang diberikan oleh IPhO.

Soal Tes

Soal pada Olimpiade tahun ini mencakup tes teori dan tes eksperimen. Pada babak teori, peserta diminta menyelesaikan persoalan yang terdapat dalam 3 ronde yaitu persoalan 1, persoalan 2 dan persoalan 3. Pada persoalan 1 yang bernilai 9 poin, peserta diminta menyelesaikan persoalan mekanika, gas ideal dan listrik (kapasitansi). Pada persoalan 2 bernilai 11 poin, peserta diminta untuk menyelesaikan soal terkait persamaan keadaan Van der Walls yang terdiri dari Non-ideal gas equation of state, Properties of gas and liquid, dan Liquid-gas system. Pada persoalan 3 bernilai 10 poin peserta diminta untuk menyelesaikan persoalan fisika terkait Simplest model of gas discharge. Persoalan ini terdiri dari persoalan Non-self-sustained gas discharge dan persoalan Self sustained gas discharge. Babak eksperimen adalah babak dimana peserta diminta untuk menunjukkan kompetensi mereka dalam sikap ilmiah dan metode ilmiah yang dimiliki. Babak eksperimen bernilai 20 poin dengan judul melihat yang tak terlihat. Eksperimen ini menggunakan prinsip Polarisasi. 

Dalam sela-sela aktivitas olimpiade pengunjung direkomendasikan untuk menjelajahi Kazakhstan dan mencicipi makanan khas dari negara ini. Beberapa makanan special Kazakh adalah makanan olahan daging dan susu asam. Makanan tersebut adalah sebagai berikut besbarmak ( daging dan mi ), kazy, karta, shuzhuk, zhal, zhaya (semacam sosis yang berasal dari daging kuda), baursaks (roti gurih), kurt (sejenis endapan curd padat), kozhe (sup susu), irimshik (dalam bahasa inggris disebut curd) and airan (sejenis minuman dari yogurt).

bashooprivate.blogspot.com. Pada IPhO tahun 2014 ini, forum bersepakat untuk melaksanakan IPhO berikutnya di India. Kota yang digunakan sebagai tempat acara tersebut adalah Mumbai. IPhO yang ke 46 deselenggarakan dengan kerjasama antara universitas Homi Bhabha Centre for Science Education dan Tata Institute of Fundamental Research.

0 Response to "IPhO 2014: Olimpiade Fisika Kazakhstan"

Post a Comment

Popular Posts