Game Fisika: Story Board Phy Detective Game

Game Fisika: Story Board Phy Detective Game

bashooprivate.blogspot.com. Phy Detective adalah salah satu game pebelajaran Fisika. Game ini dibuat dengan materi Pesawat Sederhana dan dengan kompetensi yang ada pada KTSP (Kurikulum Satuan Pendidikan). Berikut adalah Story Board Phy Detective game:



I. Standar Kompetensi

Memahami peranan usaha, gaya, dan energi dalam kehidupan sehari-hari

II. Kompetensi Dasar

Melakukan percobaan tentang pesawat sederhana dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

III. Indikator Pemberlajaran

Menunjukkan penggunaan beberapa pesawat sederhana yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari misalnya tuas (pengungkit), katrol tunggal baik yang tetap maupun yang bergerak, bidang miring
 
Menyelesaikan masalah secara kuantitatif sederhana yang berhubungan dengan pesawat sederhana



IV. Game

1. Tampilan Awal

Pada bagian ini berisi tulisan (Phi Detective, Detektive red. dengan huruf D menyerupai lambang Phi agar pengguna mengenal istilah-istilah yang dipakai dalam fisika). Bagian judul berfungsi untuk memberitahukan kepada pengguna terkait Judul dari Media/Game yang dimainkan.
Belajar Fisika yuk-Fisika yang disebut angker ternyata mudah dan fenomenanya banyak kita temukan di sekitar kita 

Gambar Tampilan Awal Phy Detective Game

 2. Petunjuk
Dalam menu petunjuk ada beberapa informasi yang disajikan, diantaranya adalah tentang tampilan, pengoperasian, dan informasi item.
a. Informasi tentang tampilan berupa gambar kepala, angka dan meter yang berfungsi untuk memberitahukan kepada user tentang nyawa dan energi yang dimiliki setiap saat.
b. Informasi tentang pengoperasian berupa beberapa gambar tombol keyboard yang berfungsi untuk mengoperasikan media.
Z : untuk meninju
X : untuk menendang
C : untuk menggunakan jurus spesial (mengurangi energi yang dimiliki)
Up : untuk melompat ke atas
Down : untuk menunduk
Left : untuk berjalan ke kiri
Right : untuk berjalan ke kanan

Tombol Kombinasi :
Up + Left : untuk melompat ke kiri
Up + Right : untuk melompat ke kanan

c. Informasi tentang item

Di dalam game ada beberapa item baik di dalam tong maupun diluar tong. Item dapat diambil dan berpengaruh terhadap player. Item juga dapat tidak diambil dengan cara melewatinya (melompatinya). Item tersebut diantaranya :
- Nasi
- Telur
- Rokok
- Miras
- Kertas
- Hati Nasi dan telur dapat menambah energi sedangkan rokok dan miras dapat mengurangi energi karena tidak baik untuk kesehatan. Jika mendapat kertas sejumlah 4 buah akan mendapatkan bonus materi yang berguna untuk menyelesaikan soal ketika penonaktifan bom. Hati dapat menambah nyawa.
3. Pengaturan
Dalam menu pengaturan user dimungkinkan untuk memilih lagu, mengatur besar kecilnya volume suara bahkan me-mute suara dan memilih fullscreen ataupun tidak.
4. Info
Dalam menu info terdapat informasi tentang pengembang media game edukasi Phy Detective dan software-software yang digunakan untuk mengembangkan media.
5. Level
Dalam menu level, user dimungkinkan untuk memilih level yang ada. Untuk masuk ke dalam level yang ada user harus memasukkan passcode yang di dapatkan setelah bermain pada level tersebut. Tombol cerita berisi tentang cerita awal mula pengeboman dan penerimaan misi untuk menonaktifan bom. Passcode : level 1=ALAT BANTU
level 2=TUAS
level 3=KATROL
level 4=BIDANG
level 5=PESAWAT Pada level 1-5, user harus menghadapi bom-bom kecil yang ada di sepanjang jalan dan mengalahkan musuh musuh yang berusaha menghalangi tokoh utama untuk menonaktifkan bom.
a. Cerita
Pada bagian cerita, user diceritakan dalam bentuk percakapan antara Jony dan Komandan Kepolisian tentang kasus peledakan bom.

Komandan : "Pak Jony!Apakah anda sudah mengetahui peristiwa peledakan bom tadi malam "


Jony :"Apakah yang bapak maksud, peledakan hotel Horizon?"

Komandan : "Iya, itu yang saya maksud"

Jony : "Saya mendengar, bahwa pelaku meninggalkan sebuah catatan"

Komandan : "Berkenaan dengan catatan tersebut, pelaku akan melakukan pengeboman lagi"

"Dari informan yang ada, bom-bom telah dipasang dan pelaku utamanya adalah Boby"
Jony :"Bukankah Boby dipenjara tahun kemarin, dikarenakan peledakan mesiu"

Komandan : "Iya, anda benar"

"Tapi, beberapa bulan yang lalu ada orang yang telah menebusnya dari penjara"

Jony :"Kemudian, apa yang bapak inginkan dari saya?"

Komandan : "Saya ingin Anda untuk menyelidikinya. Bisa saja surat tersebut hanyalah tipuan saja"

Jony : Saya ...(Menerima misi/Tidak Menerima misi)

Pada pilihan, user dapat memilih untuk menerima misi atau tidak menerima.

b. Level 1

Lokasi : Hutan kota
- Melawan Musuh- Materi
Materi pada level 1 adalah sebagai berikut :

Pesawat Sederhana adalah alat bantu kerja yang bentuknya sangat sederhana, contohnya adalah tuas bidang miring katrol, dan roda berporos.Pesawat rumit adalah pesawat/alat bantu kerja yang tersusun dari beberapa pesawat, contohnya adalah pesawat terbang, mobil, motor, sepeda dll.Jenis
Berdasarkan prinsip kerjanya ada 3 jenis
1. Pengungkit/Tuas
2. Bidang Miring
3. Katrol

Pada tulisan contoh pesawat sederhana dan pesawat rumit ketika diklik muncul gambar fisik pesawat sederhana tersebut. Gambar 10 merupakan contoh ketika tulisan bidang miring diklik, sehingga muncul gambar orang mendorong rak menggunakan midang miring.


- Soal, untuk menonaktifkan bom

Untuk menonaktifkan bom, user diminta untuk memilih gambar alat/benda yang termasuk pesawat sederhana, berikut adalah sebagai berikut :
Pesawat Sederhana Pesawat Rumit
1. Sekop  &  televisi
2. Neraca 2 lengan   &  timbangan elektronik
3. Gunting   &  mobil
4. Pembuka kaleng   &  motor
5. Sekrup   &  handphone
6. Pisau   &  komputer
7. Katrol   &  lemari es 8. Roda berporos   &  blender
9. Sistem katrol   &  monitor
10. Gerobak roda satu   &  sepeda
c. Level 2
Lokasi : Gudang lantai dasar Hypermart di tengah kota
- Melawan Musuh - Materi
Materi pada level 2 adalah sebagai berikut : Gambar pengungkit (jenis pertama) dan bagian-bagiannya

(dibuat animasi)

Persamaan :

F x lk=w x lb à Km = w/F = lk/lb

F : gaya kuasa
lk : lengan kuasa
w : gaya beban
lb : lengan beban
Km :Keuntungan Mekanis
bashooprivate.blogspot.com. Jenis-jenis tuas
a. tuas jenis pertama (K-T-B)
contoh : gunting,palu,linggis,timbangan, tang, pemotong kuku dll.
b. tuas jenis kedua (T-B-K)
contoh : gerobak roda satu, pemecah biji, pembuka kaleng, mesin pemotong kertas, dsb.
c. tuas jenis ketiga (T-K-B)
contoh : penjepit,pinset, tangan memegang beban, sekop, dsb.
 

- Soal, untuk menonaktifkan bom
Soal pada level 2 adalah sebagai berikut :
1. Sebutkan komponen pengungkit/ tuas pada gambar (gunting) disamping! (diberi nomor—gambar gunting)

2. Sebutkan komponen pengungkit/ tuas pada gambar (pemecah biji) disamping! (diberi nomor—gambar pemecah biji)

3. Timbangan pada gambar disamping kayu dengan massa 10 Kg bisa setimbang dengan pemberat dengan massa 1 Kg, jika diketahui lengan beban adalah 10 cm, berapakah lengan kuasanya?

4. Pada pembuka botol disamping memiliki lengan kuasa 16 cm dan lengan beban 2 cm, jika gaya yang dibutuhkan untuk membuka botol adalah 40 N berapakah gaya minimal yang dibutuhkan untuk membuka tutup botol?


5. Anak laki-laki pada gambar di samping membutuhkan gaya 60 N untuk mengangkat pasir dengan sekop, jika lengan kuasa dan lengan beban yang digunakan adalah 30 cm dan 60 cm, berapakah berat pasir yang diangkat menggunakan sekop?
d. Level 3
Lokasi : Hutan pinus
- Melawan Musuh
- Materi
Materi pada level 3 adalah sebagai berikut : Gambar Katrol (tetap) dan bagian-bagiannya

(dibuat animasi)

Persamaan :

F x lk=w x lb à Km = w/F = lk/lb

F : gaya kuasa

 lk : lengan kuasa
w : gaya beban
lb : lengan beban
Km : Keuntungan Mekanis

Jenis-jenis tuas
a. Katrol Tetap
b. Katrol Bergerak
c. Katrol Majemuk/Berganda

- Soal, untuk menonaktifkan bom Soal pada level 3 adalah sebagai berikut :

1. Sebutkan komponen katrol pada gambar (katrol tetap) disamping! (diberi nomor—gambar katrol tetap)

2. Sebutkan komponen katrol pada gambar (katrol bergerak) disamping! (diberi nomor—gambar katrol bergerak)

3. Gambar orang nimba air (pakai tangan biasa) dan (pakai katrol), manakah yang lebih mudah?

4. Gambar orang nenimba air (katrol satu-katrol tetap) dan (katrol dua-katrol bergerak dan katrol tetap), mana yang lebih mudah?

5. Jika beban bermassa 100 Kg dan percepatan gravitasi bumi di tempat itu 10 m/s2 berapakah besarnya gaya minimal yang diperlukan untuk mengangkat beban?

6. Berapakah besarnya keuntungan mekanik pada sistem katrol disamping? (2 katrol bergerak)
e. Level 4
Lokasi : Gua di bawah pusat kota
- Melawan Musuh
- Materi
Materi pada level 4 adalah sebagai berikut :
Gambar Bidang miring dan bagian-bagiannya

(dibuat animasi)
Persamaan :

F x s=w xh à Km = w/F =h/s

F : gaya kuasa
w : gaya beban
h : tinggi bidang
s : panjang bidang miring
Km : Keuntungan Mekanis


- Soal, untuk menonaktifkan bom Soal pada level 4 adalah sebagai berikut :

1. Gambar orang ngangkat karung (memakai tangan biasa) dan (memakai bidang miring), manakah yang lebih mudah?


2. Gambar orang mengangkut drum ke truk (memakai bidang miring dengan sudut besar) dan (memakai sedut kecil), manakah yang lebih mudah?


3. Perhatikan gambar di samping !

Jika bidang miring licin, berapakah gaya minimal yang diperlukan untuk mendorong balok?(w = 1000 N, h = 4 m, panjang mendatar = 3 m)

4. Sebuah bidang miring ujung atasnya 1 meter dari bawahnya, sedangkan panjang bidang miring tersebut 4 m. Berat benda yang dinaikkan 1000 N. Berapa besar gaya yang diperlukan bila dianggap bidang miring tersebut licin?
bashooprivate.blogspot.com  
f. Level 5
Lokasi : Tanah lapang
- Melawan Musuh
- Soal, untuk menonaktifkan bomSoal pada level 5 adalah sebagai berikut :

1. Perhatikan gambar disamping? (Gambar Strepler)
Di antara ke empat pesawat sederhana berikut yang memiliki prinsip kerja sejenis dengan produk teknologi tersebut adalah ...
a. Sekop
b. Pembuka kaleng
c. Jungkat-jungkit
d. Pemecah biji

2. Seorang siswa akan mengangkat sekarung beras dan meletakkannya di atas meja. Dari alat-alat bantu berikut ini yang akan meringankan pekerjaan adalah ...
a. katrol tetap
b. katrol bergerak
c. bidang miring
d. pengungkit
3. Sistem katrol dengan 2 katrol bergerak.
Jika beban bermassa 100 Kg dan percepatan gravitasi bumi di tempat itu 10 m/s2 berapakah besarnya gaya minimal yang diperlukan untuk mengangkat beban?
g. Final (Menangkap Boby-Dalang Pengeboman)
Lokasi : Markas BobyPada bagian final, Jony harus menangkap Boby dengan cara mengalahkannya.
6. Menyimpan Nama User
Game ini dapat menyimpan nama user untuk rekam data. Nama yang ketikkan maksimal 7 karakter.7. Menampilkan Rekam Nama User dan Skor
Game ini dapat menyimpan 7 data user, jika data yang tersimpan sudah penuh yaitu sebanyak 7 data maka akan muncul pemberitahuan untuk menghapus data-data sebelumnya.

0 Response to "Game Fisika: Story Board Phy Detective Game"

Post a Comment

Popular Posts