Tips Memilih Universitas yang Tepat

Tips Memilih Universitas yang Tepat

bashooprivate.blogspot.com. KULIAH....! KULIAH...!KULIAH...!
Setiap orang, apalagi orang tua pastinya menginginkan pendidikan yang terbaik untuk anak-anaknya. Banyaknya lembaga/instansi yang membuka jasa dibidang pendidikan sering kali membuat pusing untuk memilih. Nah, kali ini saya mencoba untuk berbagi tips untuk memilih Universitas.



Tips No. 1

What u want to learn..
Anak memiliki kecenderungan terhadap beberapa mata pelajaran. Ada mata pelajaran yang disukai oleh anak dan ada juga yang kurang disuka. Ada juga yang ingin mempelajari pelajaran karena merasa bahwa ilmu yang ada dalam pelajaran tersebut itu penting. Ada juga yang belajar atau masuk salah satu perguruan tinggi karena dorongan ortunya. Apapun alasannya, hal yang terpenting adalah apa yang ingin kau pelajari? atau masih bingung dengan pertanyaannya atau kesulitan untuk menjawabnya karena sulit menentukan keinginan? Paling tidak, dalam pelajaran apa engkau nyaman untuk belajar. Masih bingung? kalau bingung, pilihlah jurusan/program studi yang dibutuhkan untuk mencapai cita-citamu. Sudah kan?kalau masih bingung, coba renungkan dan jawab pertanyaannya dari awal.

Tips No. 2

Choose the university
Pilihlah universitas yang memiliki jurusan atau prodi dari mata pelajaran yang ingin tekuni. Supaya memilihnya tidak asal comot, coba lihat dari peringkat universitasnya juga. Hal ini penting lho..., sekarang ini sebagian besar universitas juga mempunyai link dengan beberapa perusahaan. Semakin tinggi peringkat universitas maka gradenya juga semakin bagus. Biasanya link/peluang kerja ke depan juga terbuka lebar. walaupun demikian, faktor internal yang ada pada diri sendirilah yang menentukan. Kamu bisa melihat peringkat universitas di situs http://www.webometrics.info/en/asia/indonesia



Tips No. 3

Ask ur parent permission
Setelah mendapatkan beberapa pilihan universitas, kamu harus meminta pendapat orang tua tentang rencana pendidikan ke depan. Ridhoullohufi ridhoul walidain, (artinya : ridho Alloh adalah ridho orang tua). Ketika, medapatkan izin dari orang tua belajar akan lebih mantap. Apalagi bagi temen-temen yang kuliah dengan biaya orang tua, pertimbangannya akan lebih banyak, karena harus mempertimbangkan biaya bulanan, biaya kuliah, biaya kos. Meskipun, banyak juga beasiswa yang ditawarkan oileh pemerintah ketika kuliah. Maka dari itu, izin dari orang tua hukumnya wajib.

Tips. No. 4

Give more attention for the application
Melanjutkan ke universitas ada syarat-syaratnya tentu. Supaya tidak menyesal dikemudian hari, baca dan pahami dengan seksama syarat-syarat yang dibutuhkan agar dapat diterima. Baca pula deskripsi dari program studi yang dipilih. Harus sampai paham betul, jangan sampai ada ketidak jelasan ataupun berita yang masih absurd atau tidak jelas.

Tips No. 5 

Keep study hard
Nah, setelah memilih universitas dan meminta izin ortu, maka universitasnya mau menerima kita atau tidak ya? Solusinya hanya satu, yaitu memantaskan diri untuk masuk di universitas dengan prodi yang sudah di pilih. Salah satu cara untuk memantaskan diri adalah dengan cara belajar. Pelajarilah sistem ujian masuk dalam universitas tersebut. Mempelajari sistem ujian masuk dari universitas yang kita tuju dapat membantu kita untuk mempelajari apa yang perlu dipelajari. Pelajari juga soal-soal seleksi tahun-tahun sebelumnya. Beberapa universitas memberikan beberapa soal di dalam situsnya. Kalaupun tidak ada, anda dapat mencari melalui search engine baik google.com.

Tips No. 6

The last, but not least. Dua (Do'a)
Yang terakhir tapi bukanlah hal yang sepele juga, malah dapat menjadi faktor penentu adalah do'a. Dengan berdoa, kita menyerahkan harapan kita kepada sang Pencipta, Allah SWT. Oleh karena itu, ketika kita belum diberikan takdir sesuai yang kita harapkan, tidak akan menimbulkan pesimisme malah kita dapat membangun optimisme dalam diri kita, karena Allah SWT selalu memberikan yang terbaik untuk kita. Semoga Allah meridhoi apa yang kita inginkan. Semoga, Allah mengizinkan dan mengabulkan keinginan kita.

Sekian, terima kasih sudah mampir dan membaca tips-tipsnya. Semoga temen-temen diterima di universitas yang diinginkan.

0 Response to "Tips Memilih Universitas yang Tepat"

Post a Comment

Popular Posts