Pekan Ilmiah Fisika Unnes 2014: Olimpiade SMP/Sederajat Tk. Nasional 2014

 Pekan Ilmiah Fisika Unnes 2014: Olimpiade SMP/Sederajat 

Tk. Nasional 2014

bashooprivate.blogspot.com. Pekan Ilmiah Fisika yang sering disingkat sebagai PIF adalah event  tahunan yang biasanya diadakan pada bulan Oktober. Pada tahun 2014 ini Jurusan Fisika Unnes (Universitas Negeri Semarang) mengadakan olimpiade dalam acara Pekan Ilmiah Fisika pada akhir bulan September s.d. Nopember tahun 2014. Review-nya adalah sebagai berikut :
  Olimpiade Fisika tingkat SMP/sederajat tingkat Nasional bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi serta meningkatkan kemampuan siswa tingkat Sekolah Menengah Pertama dalam ilmu fisika. Materi yang akan dilombakan meliputi materi kelas VII,VIII, dan IX. Dalam olimpiade ini, sistem seleksinya terbagi atas 2 babak yaitu babak penyisihan dan babak final.
  Babak penyisihan yaitu tes seleksi untuk menentukan 50 peserta yang nantinya akan berkompetisi lagi dalam babak final. Penentuan 50 peserta tersebut berdasarkan penilaian secara terpusat, yaitu diambil berdasarkan 2 besar daerah dan peringkat global 1-30 dari keseluruhan peserta. Babak penyisihan dilaksanakan di 10 daerah yaitu daerah Semarang, Pati, Magelang, Surakarta, Purwokerto, Pemalang, Bandung, Jakarta, Yogyakarta dan Surabaya.
  Babak final yaitu tes seleksi untuk menentukan juara olimpiade ini. Babak final terbagi menjadi 2 babak, yaitu babak semi final, dan babak grand final.

Adapun pelaksanaan babak penyisihan dan final adalah sebagai berikut:

Babak Penyisihan

Babak penyisihan akan dilaksanakan pada Hari Minggu  tanggal  28 September 2014 waktu 08.00 – 10.00 WIB. Peserta dalam babak pennyisihan ini adalah Siswa SMP/sederajat  yang terdaftar sebagai peserta Olimpiade Fisika SMP/sederajat PIF XXV Nasional tahun 2014 Hima Fisika FMIPA Unnes baik mewakili individu maupun sekolah. Peserta dapat mendaftarkan diri secara langsung ataupun dengan cara mendaftar secara online dalam situs resmi pekan ilmiah fisika Unnes 2014. Teknis pelaksanaan tes adalah secara individu dengan sistem soal objektif (Pilihan Ganda).

Babak Final

Babak Final, yaitu tes seleksi untuk menentukan juara I, II dan III. Babak Final dalam Pekan Ilmiah Fisika Unnes 2014 terdiri dari 2 tahap, yaitu :

1. Babak Semi Final
Babak semi final dilaksanakan pada Hari  Minggu Tanggal  9 November 2014 waktu  08.00 – 10.00 WIB. Babak semi final ini bertempat di Gedung Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) UNNES. Peserta dalam Babak Semi Final ini adalah Siswa SMP/sederajat yang lolos babak penyisihan sebanyak 50 peserta. Teknik pelaksanaan Tes dilakukan secara individu dengan sistem soal pilihan ganda dan uraian.

2. Babak Grand Final
Babak grand final dilaksanakan pada Hari Minggu Tanggal  9 November 2014 pada waktu  13.00 – 15.00 WIB. Pelaksanaan babak grand final dilaksanakan bertempat di Gedung Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) UNNES. Peserta dalam kegiatan babak ini adalah Siswa SMP/sederajat yang lolos babak semifinal hanya sebanyak 6 peserta Teknik pelaksanaan Tes dilakukan secara individu dengan sistem praktikum menggunakan cara rebutan dan simulasi.

Dalam Olimpiade SMP ini akan diambil 3 juara, yakni Juara I, Juara II, dan Juara III. Penghargaan yang akan diberikan kepada para Juara adalah sebagai berikut:

1. Juara I . Juara I akan mendapatkan Piala bergilir Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nasional, Piala Tetap Direktur Jenderal Pendidikan Dasar Republik Indonesia, Tabanas Rp 2.750.000,00, bingkisan dan Piagam penghargaan.

2. Juara II. Juara II akan mendapatkan Piala Tetap Rektor Unnes, Tabanas Rp 1.750.000,00 ,  bingkisan dan Piagam Penghargaan.

3. Juara III . Juara III akan mendapatkan  Piala Tetap Gubernur Provinsi Jawa Tengah, Tabanas Rp 1.250.000,00 , bingkisan dan Piagam Penghargaan.

Materi

Bab yang akan dilombakan meliputi:
1. Pengukuran, besaran dan satuan. 
2. Zat dan kalor
3. Gerak dan gaya
4. Getaran, gelombang dan bunyi
5. Optika dan alat optik
6. Listrik
7. Kemagnetan dan induksi elektromagnetik
8. IPBA (Ilmu Pengetahuan Bumi dan Antariksa)

Contact Person

Untuk keterangan lebih lanjut mengenai Olimpiade Tingkat SMP/Sederajat dalam Pekan Ilmiah Fisika anda dapat menghubungi:
-  Jotti: 085643237217
- Lusi : 085799955856

0 Response to " Pekan Ilmiah Fisika Unnes 2014: Olimpiade SMP/Sederajat Tk. Nasional 2014"

Post a Comment

Popular Posts